-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Cerita Rakyat Lampung - Asal Mula Kota Bumi (beserta terjemahan Bahasa Lampung dialek o)

Senin, 21 Mei 2018
Kali ini saya akan membagikan cerita rakyat lampung tentang Asal Mula Kota Bumi dialek O dan artinya. Walaupun saya bukan suku lampung (aku wong jowo), saya menerjemahkan langsung dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Lampung dialek O. Dengan bantuan kamus pastinya :v


Asal Mula Kota Bumi

Di wilayah Lampung Utara, seorang raja bernama Tutur Jimat berkuasa dengan adil dan bijaksana. Tutur Jimat adalah keturunan Ratu Darah Putih. Karena usianya yang sudah tua, ia bermaksud menyerahkan kekuasaannya kepada anak tertuanya bernama Paniakan Dalem. Setelah menerima mandat untuk menggantikan ayahnya, Paniakan Dalem memimpin kerajaan dengan adil dan bijaksana. Rakyatnya hidup tenteram, damai, dan sejahtera. Kemudian, Paniakan Dalem menikah dan dikarunai seorang putra yang diberi nama Muhammad. Semakin lama, kerajaan semakin berkembang. Keturunan Ratu Darah Putih juga semakin banyak dan tersebar di mana-mana. Paniakan Dalem mulai memikirkan cara agar keturunan kerajaan ini dapat selalu mengenang leluhur mereka.

Suatu hari, Putra Mahkota datang menghadap ayahnya. "Ayahanda, saya ingin bertanya, siapakah Kuto Bumi itu?". Raja Paniakan Dalem menjawab, "Kuto Bumi adalah nenek moyang kita. Beliau adalah ratu yang pernah memimpin daerah ini. Kita semua adalah keturunan beliau. Dari mana kau dengar nama tersebut?". "Begini, Ayahanda, aku sedang berburu dan sampailah di sebuah kampung. Orang di sana memperkenalkan diri mereka dan mereka bilang bahwa mereka adalah keturunan Kuto Bumi. Bagaimana kalau kita namakan saja daerah ini dengan Kuto Bumi, Ayah? Dengan demikian, semua orang yang berasal dari sini dapat selalu mengenang leluhur mereka" kata Muhammad.

Paniakan Dalem gembira mendengar kata-kata putranya. Ia setuju untuk mengubah nama daerah tersebut menjadi Kuto Bumi. Seiring dengan waktu nama Kuto Bumi menjadi Kotabumi dan kini menjadi ibu kota Lampung Utara.

Dialek O

Asal Mulou Kota Bumi

Di wilayah Lappung Utakha, ghajou begelagh Tutut Jimat sai kuwaso adil bijaksana. Tutur Jimat yolah  ketughunan Ratu Darah Putih. Ulah omoghno sai ghaduw tuho, yu beghmaksud menseghahkan kuwaso hadop sanak teghtuhono begelagh Paniakan Dalem. Seghadou jadei ghajo, Paniakan Dalem kuwaso adil bijaksana. Khakyatno ughik aman, damai, sejaghteha. Lalu, Paniakan Dalem nikah dan memiliki meghanai begelagh Muhammad. Seghadou beni, keghajoan beghkumbang. Ketughunan Ratu Darah Putih munih lamon. Paniakan Dalem memikeghkan carow supayou ketughunan keghajoan dapek mengenang umpu tiyan.

Suatu ghani, Muhammad ngulih ayahno. "Ayah, sapa Kuto Bumi ino?". Ghajo Paniakan Dalem nimbal. "Kuto Bumi yolah Umpu gham. Yu yolah ghatu sai peghnah memippin dairah ji. Gham yolah ketughunannya. Jak dipa nikeu dengei gelagh ijo?". “Penajou, Ayah sikam sedong berburu dan sappai jak kappung. Hulun dudo cawou tiyan yolah ketughunan Kuto Bumi. Ghappa lamun gham gelaghkan dairah ini jamo Kuto Bumi, Ayah? Jamo demikian, unyin sai anjak dijou dapek bimbing umpu tiyan.” Bacak Muhammad.

Paniakan Dalem hanjak dan setuju meghubah gelagh dairah jadei Kuto Bumi. Lapah watteu, gelagh Kuto Bumi jadei Kotabumi dan tano jadei ibukota Lappung Utagha.

  1. Bangsatttt ga ada penulis nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. By the way, namanya juga cerita rakyat. Kecuali ini cerita pendek, baru bisa nanya siapa penulisnya sat...

      Hapus
    2. mass nya kalo gblk gausahh ngegaass gitu, kalo salahkan malu sendiri

      Hapus
    3. @Modul Hahaha, iya nih bro. Gak jelas ini orangnya.

      Hapus
  2. penulis atau penerbit cerita kuto bumi siapa yamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak ada, alias NN. Soalnya kan ini cerita rakyat, jadi mungkin cerita ini berasal dari cerita para rakyat sana...

      Hapus
  3. Akhirnya jadi tau asal usulnya, ijin kopas ya gan buat tugas

    BalasHapus
  4. Keren bamget karena saya lahir di kpta lampung

    BalasHapus
  5. Dikasih aksara lampung nya dong

    BalasHapus
  6. Kak mau tanya tema sama isi cerita nya apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tema ya asal mula Kotabumi. Isi ceritanya tentang asal muasal pemberian nama Kotabumi. Bisa ditelaah sendiri juga kok kak.

      Hapus
  7. Mantav, ijin copas buat tugas kak

    BalasHapus
  8. Mau nanya dong kak, katanya ini translate pake kamus b.lamp ya? Saranin buku kamus b.lamp yg lengkap dong huhu selama ini nyari kamus gpernh dapet yg lengkap

    BalasHapus
  9. thanks ya kak, singkat ceritanya jd bisa di terjemahin ke aksaranya ga cape :>

    BalasHapus
  10. makasih kak bermanfaat sekali

    BalasHapus