-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Contoh Materi Stand Up Comedy

Selasa, 19 November 2019

Selamat pagi, perkenalkan nama saya angga. Saya orangnya pemalu teman teman, dan saking pemalunya saya,.. putri malu saya sentuh,.. saya yang kuncup. Umur saya 17 tahun ya. Saya belum menikah, tapi.. orang tua saya udah. Dan selama 17 tahun tersebut itu pula, sya juga ni belum pernah ngerasain yang namanya.. meninggal. Iya, belum pernah saya. Emangnya disini ada yang udah pernah meninggal? Ada yang udah pernah, coba angkat tangan... Belum kan, iya makanya.

Oleh karena itu pada kali ini saya akan menampilkan stand up comedy ketiga saya yang walaupun sebenernya saya ni udah males gitu buat ikut stand up ini, soalnya pengalaman waktu tahun kemaren. Waktu saya stand up kelas 11 kemaren tu penontonnya jarang banget yang ketawa. Dan saking jarangnya yang ketawa ya, suasananya tu sepi. Sepinya tu kayak.. kayak... Nah kayak gini nih, iya kayak gini.

Maksud saya kalo memang suasananya lagi sepi tu ya penontonnya tolong nyemangatin lah. Tepuk tangan gitu,.. atau tepuk pramuka juga gak papa lah yang penting gak sepi gitu. Kalo gak mau tepuk tangan juga ya batuk ajalah batuk. Kalo ada yang batuk gitu kan saya bisa ngebales. Misalkan ada yang batuk “Uhuk, uhuk..”, “Batuk pak haji?”. Nah gitu kan enak, lah ini pada diem semua terus saya harus gimana “Diem pak haji? Pak haji diem... Pak haji mah ngaji..”. Apa coba.

Dan kejadian kayak gitu beda banget sama waktu saya keas 10 dulu. Waktu saya stand up kelas 10 dulu tu penontonnya cukup banyak yang ketawa, dan materi saya dulu tu kayak gini. Perkenalkan nama saya bernadino angga walastiko, biasa dipanggil angga. Tapi karena saya punya banyak temen baru ya, jadi merekan tu manggil saya pake nama depan. Kalo memang kalian manggil saya pake nama depan, tolonglah yang lengkap gitu “bernadino” nah gitu kan enak. Jangan dipotong potong kayak temen saya ni yang inisialnya.. nita fitriani. Akun instagramnya @_nitaf silahkan diblok aja ya. Dia tu manggil saya pake 3 huruf penuh makna, yaitu apa? B, e, r, dibaca ber. Ber? Ini kok kedengerannya malah kayak kebelet bab ya? Tau sendiri lah ya apa lanjutannya ber. Lagian ber ini kan bisa menyangkut banyak hal ya, film kartun misalnya. Bernard bear, masha and the bear. Bisa juga minuman, bear brand. Tau sendiri kan bear brand? Minuman susu sapi yang logonya beruang, tapi iklannya naga. Gak nyambung. Yang minum manusia. Ini saya curiga yang produksi bekantan di pt suaka margasatwa gitu, beneran geh.

Nah, kayak gitu materi saya waktu kelas 10 dulu temen temen. Dan setelah itu saya mulai tahu ya, bahwa stand up ini memang tempat yang pas buat mengungkapkan keresahan kita di depan umum. Dan keresahan saya kali ini adalah tentang orang indonesia yang suka basa basi. Orang orang indonesia ni suka nanyain pertanyaan retoris, pertanyaan yang gak membutuhkan jawaban karena sebenernya udah tau jawabannya. Kayak contohnya ni waktu abis potong rambut. Ini saya abis potong rambut ya, dan biasanya orang yang abis potong rambut, keesokan harinya di sekolah pasti bakal ditanyain sama temen temennya. Ditanyainnya gimana coba “Abis cukur ya”. Ya menurut kamu apa yang terjadi dengan rambut saya yang dulunya panjang sekarang pendek ni apa? Dicabutin satu persatu rambutnya? Kan gak mungkin, udah pasti abis potong rambut gak usah ditanya lagi. Lagian gak mungkin juga saya bakalan bingung gitu waktu ditanya, misalkan “Abis cukur ya?” “Ha, enggak. Oh iya abis cukur, untung kamu kasih tau. Kalo gak, gak tau saya ini”. Gak mungkin. Selain itu ada lag waktu abis kehujanan, ini mungkin kalian sering ngalamin juga ya, pagi pagi berangkat sekolah, ujan, bajunya basah. Terus ketemu temen nih, dia abis kehujanan juga, tapi dia nanya “Abis kehujanan ya?”. Ini saya kalo denger pertanyaan kayak gini ya, pengen banget saya jawab “Oh enggak, ini tadi saya abis mandi pake baju lengkap jadinya basah. Saya kalo mandi pake baju lengkap memang”. Lagian dia juga aneh ya, dia kan abis kehujanan juga, ngapain nanya ke kita gitu. Yaudah karena saya penasaran, saya tanya balik “La kamu abis kehujanan juga ya”. Terus dia jawab “Oh enggak, ini tadi saya abis mandi pake baju lengkap juga”. Lah sama ternyata.