-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Contoh Teks Proposal Penelitian Tentang Tawuran

Kamis, 14 Maret 2019

PROPOSAL PENELITIAN 

“TAWURAN ANTAR PELAJAR”





DISUSUN OLEH:


BERNADINO ANGGA WALASTIKO
NITA AMELIYA
NITA FITRIYANI
USWATUN KHASANAH


SEKOLAH MENENGAH ATAS SMA N 1 WAY JEPARA

T.P 2018/2019


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Saat ini tawuran sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umum, maupun di kalangan pelajar. Tindakan ini terjadi karena kurangnnya kesadaran bersosialisasi dengan orang lain, atau biasanya jug karena selisih faham. Pada saat bersamaan masyarakat hanya bisa menyaksikan kekerasan demi kekerasan terjadi antara mereka dan seringkali mencaci perbuatan mereka tanpa berusaha mencari solusi yang bijak akan permasalahan tersebut.

Kegiatan tersebut seringkali membuat masyarakat di sekitar menjadi resah, walaupun ada diantara mereka yang tidak terlibat tawuran bahkan mereka yang tidak terlibat tawuran pun sering terkena bentrok seperti ketika ada tawuran di jalan raya maka ketika ada masyarakat yang melitas juga ada  yang terkena imbas nya seperti terluka karena terlempar batuan, bahkan mampu menimbulkan korban jiwa

Dari situlah dimulainya pembelajaran kekerasan dilingkungan baru yang tidak mengenal aturan, norma, adat  Yang berlaku adalah kriminalisme, premanisme dan yang kesemuanya itu selalu mengedepankan otot daripada otak.

Itulah sekilas kenyataan akan adanya jiwa mafia dalam diri seorang pelajar yang berpotensi menimbulkan kenakalan pelajar yang terutama berupa Tawuran. Sehingga tidak asing lagi hanya sekedar saling pandang dapat menimbulkan tawuran, sungguh ironis memang apa yang terjadi di dunia pelajar sekarang ini, yang sebenarnya dituntut untuk belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya dengan harapan mereka bisa berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, malah melakukan tindak kriminal yang anarkis.

1. Rumusan Masalah
  1. Apa itu tawuran?
  2. Bagaimana tawuran bisa terjadi?
  3. Dampak apa saja yang di timbulkan dari tawuran?
  4. Bagaiman cara mengatasi tawuran?
2. Tujuan Penelitian Tawuran

Secara umum dibuatnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab akibat terjadinya tawuran di kalangan pelajar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan juga dapat menemukan titik temu permasalahan tawuran yang ada ini. Sehingga setidaknya dapat mampu mengatasi bahkan mennghilangkan adanya tawuran antar pelajar selama ini.

BAB II

PEMBAHASAN


A. Pengertian Tawuran

Dalam kamus bahasa indonesia “tawuran” dapat diartikan sebagai perkelahian yang meliputi banyak orang. Sedangkan “pelajar” adalah seorang manusia yang belajar. Sehingga pengertian tawuran adalah perkelahian yang di lakukan oleh sekelompok orang yang mana perkelahian tersebut dilakukan oleh orang yang sedang belajar. W.D.Mansur berpendapat bahwa tindakan tersebut terjadi bukan akibat dari faktor pribadi,merupakan berasal dari pengaruh lingkungan di sekitar serta prasangka dari masyarakat.

Tawuran merupakan suatu percekcokan antara kedua belah pihak yang di sebabkan karena sebuah masalah. Dari adanya masalahan tersebut timbulah suatu konflik yang dapat menimbulkan bentrok yang berujung menjadi tawuran. Hal tersebut juga dapat berdampak pada masyarakat sekitar, sehingga meresahkan masyarakat, walaupun yang tidak terlibat dalam masalah tersebut.

B. Pokok Masalah

Tawuran banyak disebabkan oleh kesalahpahaman dari kedua belah pihak tersebut. Meskipun terkadang ada juga yang memang dikarenakan masalah terhadap suatu hal. Tetapi tetap saja sebenarnya hal tersebut sebenarnya dapat diselesaikan dengan bersama-sama alias kekeluargaan. Hal ini sebenarnya juga disebabkan para anak muda yang masih sulit untuk mengendalikan emosinya.

a). Faktor-faktor yang menyebabkan tawuran pelajar

1. Faktor internal

  • Ini terjadi di dalam diri individu itu sendiri yang berlangsungmelalui proses internalisasi diri yang keliru dalam menyelesaikan permasalahan disekitarnya dan semua pengaruh yang datang dari luar.

2. Faktor eksternal

  • Faktor yang datang dari luar individu
  • Faktor sekolah
  • Faktor keluarga
  • Faktor masyarakat

b). Dampak yang di timbulkan

  • Kerugian fisik.pelajar yang munkin ikut tawuan akan mejadi korban.baik itu cendera ringan,berat,bahkan sampai kematian.
  • Masyarakat sekitar juga dirugikan.contohnya: merusak rumah warga apabila warga yang tawuran itumelempari batu danmengenai rumah warga
  • Terganggunya proses belajar mengajar
  • Menurunya moralitas antar pelajar
  • Hilangnya persaan peka,toleransi,tenggang rasa,dan saling menghargai.

c). Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi tawuran

Untuk menghilang tawuran antar-pelajar yang sudah mengakar tentu membutuhkan usaha keras. Salah satu upaya mengurang tawuran yang pernah dilakukan adalan dangan memindahkan letak sekolah karena di duga linkungan sekolah yang terlalu ramai di tangah kota mengakibatkan tekanan mental yang berat bagi siswa.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Tawuran pelajar adalah kejahatan yang biasanya di kota-kota besar dan biasanya didasari karena alasan solidaritas. Anak-anak pelajar adalah remaja harapan bangsa, yang akan menggantikan para pemimpin bangsa ini. Peran sekolah, lingkungan, orangtua dan pemerintah merupakan satu kesatuan yang harus bertanggung jawab dan bekerjasama dengan baik untuk menanggulangi permasalahan ini. Dengan adanya kerjasama, baik lingkungan pendidikan, orangtua dan pemerintah akan memberikan solusi untuk pemecahan masalah ini.

Pribadi setiap manusia pada fitrahnya adalah sosok yang berbudi mulia. Hanya saja, benturan-benturan berupa brainstorming oleh faktor-faktor eksternal, membuat pribadi manusia mengalami proses transformasi diri. Sudah barang tentu, proses transformasi tersebut dapat menjurus ke arah positif atau negatif.

B. Saran

Dalam hal ini pembinaan dan bimbingan baik dari pihak orang tua maupun sekolah harus lebih berperan aktif dalam menanggulangi aksi tawuran antar pelajar. Pada pihak orang tua harus lebih intensif dalam memberikan arahan baik yang bersifat mendidik maupun yang bersifat pengajaran mengenai nilai dan moral bagi anak. Pihak sekolah pun dalam hal ini juga tidak kalah penting peranannya dalam pendidikan karakter anak dan adapun anak berkarakter tidak sesuai dengan yang diharapkan maka kerjasama dalam perbaikan karakter siswa adalah tugas bersama. Pihak masyarakat dan pemerintah daerah pun sangat dibutuhkan peranannyadalam pengawasan di sekitar lingkungan sekolah maupun ditempat umum.

DAFTAR PUSTAKA

http://organisasi.org/cara-menanggulangi-mengatasi-tawuran-antar-siswa-pelajar-sekolah-sd-smp-sma-smk-dll
http://e-journal.uajy.ac.id/4528/2/1HK09838.pdf