-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Cara Memperpanjang Buku Perpustakaan Online Secara Pribadi

Sabtu, 04 Agustus 2018
Buku perpustakaan adalah buku yang disediakan oleh sekolah untuk dapat dipinjam oleh para siswa di sekolah tersebut. Biasanya setelah siswa meminjam buku, diharuskan untuk memperpanjang buku sebagai bukti bahwa siswa tersebut masih menjaga buku pinjamannya. Memperpanjang buku perpustakaan, sekarang tidak harus lagi datang langsung ke perpustakaan. Khususnya bagi sekolah yang peminjaman bukunya secara online. Siswa dapat memperpanjang buku tersebut secara online dan juga mandiri dengan laptop bahkan gadget. Berikut langkah-langkahnya :


1. Pastikan anda tersambung dengan koneksi internet yang telah disediakan oleh sekolah

2. Masuk ke browser lalu ketik 168.192.100.99/pustaka, dan tekan enter


3. Setelah berhasil masuk situs, klik link bertuliskan perpanjang

4. Masukkan nomor id yang ada di Kartu OSIS anda ke dalam kolom, kemudian tekan enter.


5. Sesudah berhasil, isi kolom kosong dengan kode barcode sesuai dengan buku pinjaman anda dan klik perpanjang.



6. Selamat buku anda berhasil diperpanjang untuk 7 hari kedepan.


By the way, sebenernya ini adalah tugas membuat teks prosedur yang diberikan oleh guru bahasa Indonesia saya. Tapi, karena blog ini udah lama gak update gara-gara banyaknya tugas & kesibukan saya di sekolah membuat saya gak sempat untuk nulis lagi. Jadi saya update aja ke blog ini toh juga ini bermanfaat.



Kenapa bermanfaat?

1. Hemat uang

Ya karena jika kamu gak tau cara perpanjang buku otomatis bukunya gak bakal bisa diperpanjang. Dan juga tanggal untuk memperpanjang akan terlambat, maka kamu diharuskan untuk perpanjang langsung di perpustakaan sekaligus kena denda yang udah ditentuin sama sekolah. Yaitu, 1 buku Rp. 100 per hari. Coba bayangin kamu minjem 5 buku dan telat memperpanjang selama 30 hari. Kamu bakal kena denda Rp. 15.000. Daripada bayar denda di perpustakaan, mending bayar di kantin buat ngajak makan bareng sama gebetan... Hemat itu diperlukan bro,

2. So sweet dalam diam

Kok bisa? Ya, caranya adalah kamu harus tahu NIS orang yang kamu sukai. Secara nomor id yang dimiliki setiap siswa yang membedakannya adalah nomor nisnya. Nomor didepannya semuanya sama yaitu 10806077, lalu isi dengan no NIS gebetanmu. Nah, kamu login aja ke profilnya di "Area Anggota" karena semua password sama yaitu 12345678 kecuali dia ubah. Lalu masuk ke bagian situs perpanjang tadi dan copy kode buku yang ada setelah login ke profilnya tadi. Jadi kamu bisa memperpanjang buku si doi tanpa sepengetahuannya. Sangat baik dan so sweet sekali kan :v. Tapi ingat, ini hanya untuk gebetan yang satu sekolahan saja. Kalo beda sekolah mana bisa perpanjang. Kecuali kamu datang ke sekolahnya dengan menyamar menjadi tukang cat sekolah tersebut dan perpanjang dengan internet sekolah itu secara diam-diam. Ya, cinta butuh pengorbanan.

Sekian bernadilogi kali ini, semoga saya dapat tugas lagi dari guru yang mengharuskan untuk menulis sendiri. Jadi bisa sekalian saya update blog ini.