-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Setahun Sekolah di SMANSAWARA

Minggu, 24 Juni 2018


Banyak orang bilang masa SMA adalah masa yang sangat indah. Dan saya cukup setuju setelah saya sudah satu tahun sekolah di SMA Negeri 1 Way Jepara. Gak kerasa memang, karena jika dilihat dari postingan pertama walastory saya adalah pada awal-awal masuk sekolah tepatnya pada acara DWIHARNAS. Wajar sih, karena setelah itu saya gak nulis lagi sampai sekitar 4 bulan. Dulu saya males ngeblog memang, tapi sekarang saya udah mulai mematok minimal seminggu sekali update.

Saya mulai membuat aturan seperti itu, ya karena tadi masa SMA adalah masa yang paling indah dan saya gak mau menyimpannya di dalam otak saya aja. Saya ingin di masa akan datang, saya gak perlu bingung-bingung mengingat lagi gimana alur cerita kehidupan SMA. Maklum, ingatan di otak saya kayaknya rendah buktinya sering saya diajak ngobrol tentang masa SD dan saya cuma bisa nyaut "Oh..." "Iya iya" "Owalah" (sambil ketawa sok ngerti padahal gak inget sama sekali). Sebenarnya banyak hal-hal yang dulu belum saya buatkan postnya dan mungkin ini rangkuman pertama dari tiga tahun di SMA ini yang akan saya mulai saat awal masuk sekolah tentunya. Dan jika kalian ingin tahu, niat awal saya masuk SMA ini adalah punya pacar... Karena saya sudah muak dengan tekanan jomblo di SMP, sampai akhirnya datang yang namanya pra pls dan pls.

Pra pls (pengenalan lingkungan sekolah) diadakan selama 2 hari. Di hari itu dibagi kelompok untuk pls nanti, dan saya termasuk dalam kelompok 5 dengan sebutan Tifa. Sungguh kebetulan yang sangat kebetulan betul, ternyata teman saya yang berangkat sekolah bareng saya juga ada di kelompok yang sama. Saya sama sekali gak nyangka bakal ada pra pls begini. Mungkin karena saya kurang informasi dan juga saya pikir udah gak ada lagi MOS. Emang bener gak ada MOS, karena yang ada itu... (bacalah seperti orang berbisikan dengan suara menegangkan) PLS. Usai pra pls, datanglah pls setelah libur lebaran. Sungguh pengalaman yang sangat seru dan menegangkan, meskipun jika dipersentase seru = -20% dan menegangkan = 120%. Seru karena bisa ketemu banyak temen baru dan menegangkan karena.... Ya gitulah. Tapi tetep, itu sangat berguna bagi murid-murid baru dalam menjaga kultur. Pls ini juga sebenarnya yang membuat niat awal saya cari pacar buyar seketika, karena kegiatan pls di dalamnya yang cenderung terlalu membuat saya gila.



Lanjut setelah pls dibagilah murid setiap kelas, dan saya masuk ke kelas 10 IPS 2. Saya mulai menenangkan diri setelah pls, dan  mulai melanjutkan niat gila saya tadi. Dan entah ini sengaja apa nggak, saya satu-satunya laki dari SMP Negeri 1 Way Jepara yang ada di kelas itu. Gila... Ini karena anak laki SMP Negeri pada pinter jadi masuk IPA apa memang nasib saya begini. Yang dulunya SMP Negeri menguasai, sekarang saya jadi minoritas karena anak laki lebih banyak dari SMP YPI. Tapi beruntung ada teman segereja dan SD saya juga ada disana. Sumpah, hari-hari saat beradaptasi di kelas itu saya kayak orang gila. Bingung kok gini amat saya ya, tapi seiring berjalannya waktu saya bisa beradaptasi dan saya mulai disegani dikelas. Disegani bukan karena saya sangar kayak begal Lampung ya, tapi karena ya saya bersosialisasi cukup baik lah. Selama semester 1 banyak hal seru yang terjadi terhadap diri saya. Mulai dari pertama kali nyoba stand up, bisa ngalahin kelas 12 di lomba basket, sampai akhirnya setelah 15 tahun saya bisa kayang dengan sempurna (saat praktek senam lantai). Meskipun niat belajar saat semester 1 saya sangat masih kebawa SMP dan masih males-malesan, karena niat awal saya yang salah. Bukannya belajar bener-bener malah pengen nyari pacar. Sampai akhirnya saya mengerti bukan begini caranya untuk melampiaskan cinta...



Selesai semester pertama, datanglah tahun baru 2018 dan saya mulai menargetkan untuk bisa belajar dengan sungguh-sungguh. Dan saya juga udah merubah arah pandangan saya dari pertama mau masuk sekolah, saya mau deketin gebetan biar bisa jadi pacar. Sekarang saya menjadikan gebetan itu sebagai penyemangat dalam belajar atau hal lainnya, karena saya mulai tau cinta gak harus melulu tentang rayuan gombal bisa jadi pacar. Melainkan harus diiringi juga dengan belajar yang sungguh-sungguh. Dan benar, semester 2 sangat berbeda dengan semester pertama saya. Saya seperti selalu semangat kalo dapet tugas. Begitupun dengan nilai-nilai ulangan saya juga lumayan bagus untuk ukuran seorang laki-laki apalagi anak IPS. Sampai datanglah hari terakhir sebagai kelas 10 yaitu pembagian raport, dan nilai saya ya termasuk cukup dan sesuai dengan usaha di semester 2 ini.



Datanglah hari libur yang tanpa saya duga, ternyata libur untuk liburan kali ini bakal selama 1 bulan lebih. Untuk pertama kalinya dalam hidup, saya sedih dapet libur panjang. Karena saya sangat merindukan suasana sekolah dan kelas, terlebih cewek-cewek dan guru cakepnya. Saya mulai mereview setelah setahun sekolah di SMA Negeri 1 Way Jepara bahwa cuma punya satu baju batik nusantara itu gak cukup. Soalnya banyak acara di sekolah yang mengharuskan siswanya make baju batik nusantara. Seperti DWIHARNAS, DWIHUTNAS, TRIHARNAS dan kerenya selama berbagai acara di sekolah yang mengharuskan make baju batik saya selalu pake baju batik satu-satunya yang berwarna coklat. KERE.



Sangat cepat sekali rasanya bulan depan saya udah jadi kakak kelas. Jika kalian juga merasa seperti  itu, selamat... Berarti kita menjalaninya semua dengan menikmati perjalanan hidup. Saya sering ingin agar waktu gak selalu berasa cepat berlalu, tapi untuk bisa seperti itu hanya ada satu cara yang sangat tidak baik. Yaitu dengan tidak menikmati hidup, hanya itu satu-satunya cara dan tentunya bakal menyakitkan. Jadi janganlah kalian sedih dan bertanya kenapa waktu berjalan begitu cepat, karena sebenarnya kita harus berbahagia sebab berarti kamu sudah berhasil menjalani hidup dengan menikmatinya.