-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pemburu THR Yang Termakan Usia

Sabtu, 16 Juni 2018


Lebaran selain berkaitan erat dengan kaleng Khong Guan, tapi isinya rengginang. Sudah pasti lebaran juga berkaitan erat dengan yang namanya THR. THR inilah yang sering ditunggu anak-anak saat lebaran. Karena THR, lebih berfaedah daripada mencampurkan Sprite, Coca-Cola & Fanta ke dalam satu gelas. Ya kan? Buat kalian anak laki udah ngaku aja, kalian pasti pernah ngelakuin ini kan...

Tidak beda jauh dengan saya, bahkan sebenarnya sama sih. Meskipun saya gak merayakannya, tapi sudah pasti saya tetap berkunjung ke tetangga. Karena hal itu sudah pasti saya juga nungguin THR. Walaupun nyatanya saya udah kelas 2 SMA, dan makin menipis peluang dari THR itu. Karena, akan tiba masanya ketika kita ngeliat adek kita dikasih THR, kita hanya bisa melihatnya begitu saja. Apalagi saya yang punya adek, saya sering banget ngeliat kejadian itu. Ketika adek saya dapet THR, tapi saya nggak. Saya sering berpikir :

Kenapa cepet bener saya gede... Udah gede tapi masih jomblo lagi, ahhh.

Dan saya pernah berharap, mending saya sama adek gak usah dikasih THR sama sekali dari orang itu biar adil. Tapi saya pikir lagi

Ini adek saya sendiri. Tapi saya ngarepin gak dikasih THR, udah ah ikhlasin aja. Durhaka bener jadi mas. Dikutuk jadi polisi tidur, mampus saya.
Sampai akhirnya, saya punya inisiatif. Karena adek saya masih kecil, kelas 3 SD. Nah, saya pikir nanti sampai rumah bakalan saya rayu dan juga dengan belas kasihan tentunya. Biar mau bagi dua sama saya dari THR tadi, dengan alasan saya tadi gak dikasih. Karena adek saya masih polos dan kadang kasihan sama saya. Dia sering bagi dua sama saya, tapi itu inisiatif dia sendiri. Entah itu disuruh ibu saya karena bantuan belas kasihan, biar masnya gak kere-kere amat. Tapi, saya belum pernah mraktekin cara pertama tadi buat minta langsung ke adek saya biar bisa dibagi dua. Saya sebagai masnya, gak sejahat itu. (Kayaknya sih...)

Dan jika dilihat dari sisi kebutuhan, udah jelas yang lebih butuh itu anak-anak remaja kayak saya ini daripada bocah-bocah esdeh itu. Karena bukan apa-apa, anak kecil kalo dikasih THR buat yang cewek (kebetulan adek saya cewek). Dia beli tas baru (tas di rumah masih ada 2), beli sepatu (sedangkan di rumah masih ada 4 pasang). Kalo cowok, nah ini yang paling saya sebel (saya dulu ngelakuin juga sih). Beli pistol/tembakan bo'ongan.... Kalo gak percaya liat aja di depan rumah kalian atau jalan. Bakal banyak bocah yang bawa pistol bo'ongan, dengan gayanya masing-masing yang berasa kayak punya geng. Kalo pun punya geng beneran, paling nama gengnya "GENG PISTOL BO'ONGAN". Kan gak lucu. Saya aja sampe sekarang masih bingung.

Kenapa saya dulu beli pistol itu ya? Kalo ada maling saya tembak pake pistol itu... Gak kerasa, kecuali pas kena matanya.

Lagian dulu saya make pistol itu cuma biar bisa nembak cicak & berharap kena terus bisa liat ekornya putus. Seiring berjalannya waktu saya akhirnya dapat berpikir "GAK ADA GUNANYA BEGO BELI MAINAN BEGITU".

Beda sama anak remaja kayak saya. Nih dibaca ya ibu/bapak tetangga dan saudara saya sekitaran rumah. (Saya yakin mereka gak ada yang baca ini). Sebenarnya anak-anak itu gak perlu dapet THR, soalnya mereka cuma buat beli pistol terus nembak cecak. Karena yang sangat perlu justru saya ini. Bisa dapet THR, terus duitnya gak dipake untuk beli pistol, buat nembak cecak. Tapi duitnya dipake untuk berbagai macam usaha, buat nembak cewek. Itu.... Itu yang paling penting. Bukan buat nembak cecak.

Balik lagi soal umur dan udah kelas 2 SMA. Saya juga udah malu sih kalo dikasih THR. Kecuali, badan saya pendek dan muka saya imut-imut gitu masih mending gak terlalu keliatan. La saya badan tinggi, muka kalo dibilang imut malah jijik. Jadinya saya sering malu gitu kalo dikasih THR (tapi kalo situasinya lagi sepi sih ya biasa aja, bahkan bahagia). Lagian gak mungkin juga saya tolak gitu kan. Udah mau dikasih terus saya tolak. Yang ada nanti ada perdebatan panjang.

Bude : "Udah ambil aja"
Saya : "Nggak usah bude"
Bude : "Udah ambil aja"
Saya : "Nggak usah bude udah gede"
Bude : "Udah ambil aja"
Saya : "Nggak usah bude"

Gitu terus sampe Monas pindah ke Singapura.

Soal lebaran, tetep intinya adalah menjalin silaturahmi dan saling memaafkan. Kalo masalah THR mah, itu rezeki orang masing-masing. Karena lebaran yang paling ditunggu adalah sebenarnya kebersamaan antar keluarga dan saling hidup bersama dengan baik. Saya mengucapkan Selamat  Hari Raya Idul Fitri, Minal aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.