-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Unsur Enstrinsik Dalam Cerpen Paman Doblo Merobek Layang-Layang

Kamis, 01 November 2018


Unsur ekstrinsik adalah komponen yang keberadaannya berfungsi untuk membangun cerita pendek dari luar.

Dan pada kesempatan ini kebetulan saya mendapat tugas kelompok Bahasa Indonesia dan mendapat bagian mencari unsur ekstrinsik dari cerpen "Paman Doblo" ini. Seperti posting bernadilogi lainnya, awalnya saya mencari unsur ekstrinsik dari cerpen ini di google. Dan ternyata tidak ada situs yang memuat hal tersebut. Oleh sebab itu saya mengambil peluang dari hal tersebut, karena posting bernadilogi saya sebelumnya mendapat view yang cukup banyak dan semoga terjadi pada posting ini juga :). Sedangkan video diatas itu adalah materi Bahasa Indonesia kelas 11 lainnya tentang Ceramah.



Unsur Ekstrinsik

  1. Keadaan subjektivitas individu pengarang
    Ahmad Tohari adalah sastrawan dan budayawan. Tulisan-tulisannya berisi gagasan kebudayaan dimuat di berbagai media massa. Ia juga menjadi pembicara di berbagai diskusi/seminar kebudayaan

  2. Keadaan psikologis pengarang
    Ahmad Tohari dalam membuat cerpen Paman Doblo ini, ia mencoba menghadirkan kesan pada pembacanya, dan memuat perspektif berbeda terhadap kepengarangan Ahmad Tohari. Selain itu, penerbit berusaha menampilkan perspektif lain pengarangnya; mencoba berbeda dari segi tema dan kekhasan pengarangnya.

  3. Keadaan lingkungan pengarang
    Keadaan Ahmad Tohari saat itu ia dalam sebuah pengerjaan mengumpulkan beberapa cerpen untuk disatukan menjadi sebuah kumpulan cerpen berjudul Mata yang Enak Dipandang yang telah dipublikasikan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2013.

  4. Pandangan hidup suatu bangsa
    Ahmad Tohari ingin menjadi seorang penulis yang berhasil, dan menurutnya, selain faktor bakat juga harus rajin berlatih menulis dan banyak membaca.


Mungkin itulah unsur ekstrinsik yang ada di teks tersebut. Saya juga belum tahu benar tidaknya pendapat satu ini, namun yang pasti kita sama-sama belajar tentang unsur ekstrinsik yang bisa dibilang cukup sulit untuk dipahami. Dan akhir kata saya ucapkan terimakasih, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada bernadilogi selanjutnya ;)