-->
https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Ulangan Gak Offline

Senin, 28 Mei 2018


Seminggu ini saya dan semua warga SMA N 1 Way Jepara melakukan ulangan gak offline. Dan screenshot diatas adalah situs ulangan gak offline, tapi waktu WiFi nya error. Jadinya, keluar T-rex yang ikut lomba atletik dalam cabang lari dan lompat.

Ulangan gak offline? Maksudnya!

Maksudnya ulangan gak offline yaitu, kalo gak offline berarti kan kita online. Nah, jadinya kita ulangan nya itu online alias pake komputer, laptop sama hp.

Owalah gitu to...

Jadinya gak salah kan saya ngasih judul ulangan gak offline, karena memang ulangan nya itu online.

Gak salah sih... TAPI KAN BISA NULIS JUDULNYA "ULANGAN ONLINE" AJA... KENAPA MALAH "ULANGAN GAK OFFLINE KAMPRET 1!1!1!?".

Wkwkwk, ya sorry... Namanya juga usaha biar banyak yang liat, terus yang liat bingung apa maksudnya abis itu marah-marah TAPI KAN BISA NULIS JUDULNYA "ULANGAN ONLINE" AJA... KENAPA MALAH "ULANGAN GAK OFFLINE KAMPRET 1!1!1!"

Hening...

Oke, jadi ini merupakan UASBK atau Ulangan Akhir Semester Berbasis Komputer pertama di sekolah saya. Sebenernya bukan pertama sekolah saya mengadakannya dengan berbasis komputer. Tapi itu khusus untuk Ujian Nasional atau tepatnya untuk kelas 12. Nah, kalo ini untuk semua kelas. Yang dulunya pake kertas, sekarang udah online.

Alasan kenapa sekarang ulangannya online, bukan karena sekolah saya gak mampu beli kertas buat bikin soal. Masak, gak mampu beli kertas tapi bisa make komputer kan gak nyambung. Tapi ya itu... Hal yang disenengin guru tapi gak disenengin sama muridnya. Apalagi kalo bukan biar gak bisa nyontek. Karena soalnya acak alias beda-beda tempat nomornya.

Padahal mata saya sekarang udah hampir bisa muter 180° karena hasil latihan saat ulangan di SMP. Saya selalu melatih itu ya supaya bisa dapet jawaban. Karena jujur saja temen-temen sekelas saya waktu SMP kebanyakan pinter. Dan saya nggak termasuk dalam "kebanyakan" itu, karena saya termasuk pemalas dan gak terlalu pinter. Alias goblok.

Walaupun pada akhirnya semua hasil kerja keras melatih otot mata saya akhirnya terbuang sia-sia. Karena waktu UN di SMP udah berbasis komputer ditambah lagi sekarang di SMA ulangannya online. Selamat tinggal otot mataku yang sangat elastis, kau tidak dapat membantu ku lagi.

Ulangan online ini juga membuat papan ulangan saya menjadi gantung sepapan (kalo pesepakbola pensiun itu gantung sepatu, nah kalo papan ulangan pensiun berarti gantung sepapan). Tapi gak membuat saya rugi juga sih, karena papan ulangan itu saya dapet dari hasil nemu. Ingat... Nemu ya,,, bukan nyuri.

Jadi, waktu itu kelas saya lagi pindah ke kelas 8 punya kakak kelas yang bakal ditempatin kelas saya. Nah, waktu milih tempat duduk saya liat di laci ternyata ada papan ulangan. Sejak saat itu "ia" selalu menjadi tempat berbaringnya dua kertas yang biasa disebut soal dan lembar jawaban.

Sebentar, kok ujungnya sedih mulu ya.. Tadi gara-gara otot mata saya, sekarang papan ulangan. SKIP.

Oke. Ulangan gak offline ini, bedanya dalam pengumpulan jawaban. Kalo biasanya ngumpul ljk ke guru, nah kalo online gak mungkin tuh hp, laptop sama komputer dikumpul ke guru. Abis itu nulis jawaban yang udah diisi di hp tadi ke kertas lembar jawaban. Terus gunanya online apa??!?

Jadi kalo udah selesai, tinggal tekan tombol finish aja abis itu submit. Udah deh, kekumpul itu jawaban sesoal-soalnya. Nah, gegara ini sekarang murid-murid udah gak bisa lagi bawa pulang soal ulangan. Karena ya soalnya ada di situs itu tadi, dan hal ini yang jadi kekurangan dalam UASBK.

Jadi soal ulangan nya gak bisa buat dipelajarin lagi untuk sehari-hari. Walaupun sebenernya, jarang saya pelajarin juga sih. Paling cuma waktu ada ulangan bersama lagi alias UHB/UAS. Itupun kalo udah keisi sama jawaban yang bener, dengan kata lain udah dikoreksi bareng guru mata pelajarannya. Kalo belom, ya paling cuma saya lipat jadi dua, abis itu dideketin ke badan. Terus saya mulai lakukan gerakan berulang atas ke bawah. Alias cuma buat kipas.

Seperti ulangan-ulangan sebelumnya yang biasa saya kerjain, saya ngerjain ulangan kadang cepet & kadang juga lama. Tergantung pelajarannya sih gimana, dan kalo ada yang nanya ulangan apa yang paling saya suka? Jawabannya adalah ulangan saat pelajaran Bahasa Indonesia. Tapi kayaknya gak ada yang nanya ya? Yaudah gak apa-apa namanya juga jomblo, udah biasa dicuekin (kasian). Selain pelajaran, juga ada beberapa hal yang membuatnya lama/cepet.

Kalo ngerjain ulangannya lama, ada kemungkinan saya menguasai materi jadi gak mau cepet cepet selesai. Tapi bisa juga berarti saya gak ngerti dengan soal soalnya, jadi ngerjainnya lama meskipun ujungnya ya ngasal juga.

Kalo ngerjainnya cepet, bisa berarti saya juga menguasai materi. Bedanya saya lebih percaya diri dengan semua jawabannya, jadi bisa cepet ngerjainnya. Nah, tapi bisa juga berarti saya sama sekali gak ngerti sama soalnya dan ngejawab dengan ngasal. Jadinya cepet ngerjainnya, meskipun kelihatan pinter bisa ngerjain cepet. Padahal kenyataannya goblok karena ngerjainnya ngasal.

Dan pada akhirnya, semua beban yang setiap malam mikirin "Gimana besok ulangannya" udah selesai. Karena bebannya udah berubah jadi mikirin "Gimana nilai ulangannya". Tapi, saya tetap optimis karena ada yang bilang "Usaha gak akan mengkhianati hasil". Beruntungnya "usaha" bukanlah seorang manusia yang suka memberi harapan palsu. Karena dia (usaha) akan selalu menepati janjinya kepada seorang (hasil). Makanya kalo kamu gak mau dicap sebagai orang yang selalu PHP, ganti aja nama kamu dengan "usaha". Dijamin kamu gak bakal mengkhianati.

Sekian postingan saya ini, dan doakan semoga kakak kelas saya, teman-teman saya, dan pastinya saya bisa dapat nilai yang terbaik dalam UASBK ini. Amin.